Kam. Okt 17th, 2019

Cara Agar Bisa Ucapkan Huruf R

3 min read
hurup R
Bagikan ke Orang Lain

Sebelumnya, sudah terpikirkah cara terbaik untuk belajar dengan cepat tanpa menunda-nunda atau bahasa kerennya.. Tarsyok tarsyok. Hahaha..

Kali ini kita akan membagikan pengalaman tentang cara menyebut huruf “R”. Ini merupakan pengalaman real dari diri teman sendiri. Gini ceritanya ” Menjadi seseorang yang cadel pasti membuat diri kita agak canggung kan kalau berbicara dengan orang lain? apalagi dengan lawan jenis. Ada orang yang bilang kalau cadel itu tidak bisa diubah lagi, sudah takdirnya. Tapi semua itu hanyalah omong kosong, karena saya berhasil keluar dari ‘zona cadel’ padahal usia saya saat itu sudah 18 tahun, jadi bagi kalian yang cadel jangan pernah menganggap bahwa kalian tidak akan pernah bisa menyebut huruf “R”, karena itu BUKAN HAL YANG MUSTAHIL.

Cara yang akan saya ajarkan ini merupakan cara yang sangat mudah dan sudah saya buktikan sendiri. Saya sudah belajar beberapa cara dari internet, namun tidak ada yang masuk akal dan tidak pernah berhasil padahal ditulis cara jitu, terbukti, atau apalah itu. Jadi saya berinisiatif untuk mencari caranya sendiri, yaitu dengan menjadikan teman kuliah saya sebagai objek penelitian 🙂

Saya menyuruh teman saya menyebutkan huruf “R” berulang-ulang, mulai dari cepat hingga slow-motion. Saya dengan teliti memperhatikan pergerakan lidahnya dan akhirnya berhasil menemukan cara menyebutnya dengan benar, dan saya menyadari cara menyebut “R” yang biasanya saya lakukan berbeda jauh dengan cara tersebut. Walaupun saya sudah tau cara menyebutnya, bukan berarti saya langsung bisa menyebut huruf “R”. Saya harus membisakan lidah saya dulu agar tidak cadel melulu. Nah daripada kebanyakan cerita, mendingan langsung saya ajarin aja nih.

· 1. Huruf dasar dari huruf “R”
Ini merupakan ilmu pertama yang harus kita tau, huruf dasar dari huruf “R” itu adalah huruf “E”, bukan huruf “L” seperti yang kebanyakan orang bilang. Huruf “R” merupakan variasi dari huruf “E” yang diberikan getaran pada lidah. Jadi huruf “R” dan huruf “E” itu beda tipis ya. Ingat ini kunci pertama!!! (Eeeeeeee = Eeeerrrrrrr)

· 2. Latihan menggetarkan lidah.

Setelah mengetahui dasarnya, kita harus belajar cara menggetarkan lidah. Ingat poin pertama tadi, huruf “R” merupakan variasi huruf “E” yang digetarkan. Cara menggetarkan lidah ini cukup gampang. Hal yang harus kita lakukan adalah menekuk lidah kita keatas hingga menyentuh bagian dalam gigi yang berbatasan dengan gusi.

Kalau sudah, pastikan mulut anda jangan terlalu lebar, cukup seluas jari saja, bisa diukur dengan cara menggigit jari anda. Kemudian hembuskan angin dari dalam mulut sampai lidah anda berhasil bergetar. Kalau anda sudah bisa menggetarkannya, kemudian latih menggetarkan huruf “D”, sehingga terdengar bunyi seperti anak-anak yang sedang main tembak-tembakan. Kalau anda sudah lihai menggetarkan huruf “D” anda sudah mencapai setengah perjalanan.

· 3. Mulai latihan menyebutkan huruf “R”

Setelah anda lihai menyebutkan huruf “D” dengan lidah bergetar, maka anda siap lanjut ke tahap 3. Sekarang anda coba manyebut huruf “E” seperti kata “Eja”. Kemudian anda rasakan dimana posisi lidah anda, pastinya letaknya dibawahkan? Kemudian anda tekuk lidah anda ke atas dibagian dalam gigi seperti cara nomor 2. Rasakan dimana posisinya. Ini adalah cara yang paling susah tapi bukan mustahil, jangan putus asa di bagian sini, okee!!! Ini merupakan tahap inti, sekarang anda coba menyebut huruf “E” dengan panjang sehingga menjadi “EEEEEEEEE” dan langsung tekuk lidah anda keatas seperti cara nomor 2tanpa berhenti menyebut huruf “E”. Pasti huruf “E” yang anda sebutkan terhenti sendiri kan? Berarti cara yang anda lakukan sudah benar. Sekarang coba sebutkan sekali lagi huruf “EEEEEEEE” dengan panjang sambil menekuk lidah anda katas seperti tadi, kemudian langsung getarkan lidah anda pas menyentuh gigi bagian dalam seperti cara nomor 2. Pasti anda mendengar bunyi yang aneh kan? Namun ulang-ulang terus cara ini, dalam waktu 1-2 hari anda pasti berhasil menyebut huruf “R” (“Eeeeerrrrrrrrrr”), saya jamin 100% anda berhasil.

· 4. Latihan terakhir

Setelah anda berhasil menyebutkan huruf “R” dengan cara diatas, kemudian anda harus belajar menyebutkan kata-kata yang ada huruf “R”-nya, mulai saja dengan kata yang mudah, dulu saya belajarnya sambil naik motor, jadi saya baca tulisan-tulisan yang ada dijalan. Ini memberikan berbagai macam variasi kata yang akan kita latih. Intinya anda jangan pernah putus asa, saya sangat yakin anda bisa menyebutkan huruf “R” kalau anda mengikuti cara saya ini. Waktu yang anda butuhkan memang tidak sedikit, perlu waktu 1-2 minggu, namun anda akan bisa menyebutkan huruf “R” untuk selamanya.