Galeri Store Dekranasda Siap Lambungkan Produk Kreatif Kota Bandung

blibli dekranasda

http://humas.bandung.go.id

DEWAN Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bandung resmi membuka galeri store di Bandung Creative Hub (BCH), Kamis (2/5/2019). Galeri ini menjadi fasilitas bagi industri kreatif memasarkan produk unggulannya.

Ketua Dekranasda Kota Bandung, Siti Muntamah Oded menyatakan langkahnya tidak akan berhenti hanya dengan membuka gerai saja. Namun, Dekranasda Kota Bandung telah merancang berbagai strategi untuk mendongkrak promosi produk yang diakomodir Galeri Store.

Umi, panggilannya menuturkan, kunci menggulirkan galeri store ini yakni membangun sinergisitas dengan sejumlah perangkat daerah. Diantaranya dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin), Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUKM) dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung.

“Jadi Dekranansda sebagai salah satu bagian dari ekonomi kreatif maka harus dikaitkan dengan Disbudpar. Jadi Disbudpar punya program, punya target, punya ‘arrange’ tentang Kota Bandung dan kita akan nempel di sana. Tentu dengan produk yang berdaya saing,” katanya usai pembukaan Galeri Store Dekranasda Kotra Bandung, di Gedung BCH, Jalan Laswi, Kamis (2/5/2019).

“Dipadukan dengan Disdagin, Dinas KUKM dan Disbudpar, saya yakin bisa memasuki pasar regional, nasional dan internasional,” lanjutnya.

blibli dekranasda
blibli dekranasda

Selain membangun kolaborasi bersama sejumlah dinas, sambung Umi, Dekranasda juga menjalin kerjasama dengan e-commerce atau situs perdagangan online. Dalam hal ini Dekranasda Kota Bandung menggandeng blibli.com sebagai rekan kerjanya.

“Salah satu yang kita gandeng adalah blibli.com. Hari ini kita kembangkan pemasaran dalam bentuk online. Wall-wall kita buat sedemikian rupa agar tidak monoton. Kita mengikut dengan sistem mereka. Itu sudah internasional dan wallnya itu kita ditaruh di depan,” ujarnya.

blibli dekranasda
blibli dekranasda

Umi menuturkan, kehadiran Galeri Store Dekranasda ini juga untuk merangsang para perajin atau pelaku industri kreatif di Kota Bandung untuk terus meningkatkan produksi dan kualitas karyanya. Namun, tetap mengedepankan originalitas dan ciri khas muatan lokal di setiap produknya.

Dalam pembukaan galeri store ini, Dekranasda berhasil mengakomodir 111 produk unggulan. Nantinya, produk unggulan yang ditampilkan di gerai akan diatur secara bergiliran.

Sementara itu, Wali Kota Bandung, Oded Muhammad Danial menyerukan kepada Dekranasda agar tak cepat berpuas diri. Menurutnya potensi industri kreatif di Kota Bandung sangat besar, sehingga perlu menggali lebih dalam.

“Saya lihat Kota Bandung sebagai ibu kota kreatif. Urusan kualitas sudah cukup bagus, tapi dengan catatan tidak boleh merasa puas. Kualitas harus kita tingkatkan. Tidak hanya kualitas, dari sisi harga pun harus bisa bersaing,” ucapnya.

Wali kota menilai, Galeri Store Dekranasda ini memiliki manfaat besar. Sehingga, dia berharap keberadaanya bisa bertambah lagi. Utamanya di lokasi yang lebih strategis di titik destinasi wisatawan.

“Ini baru satu. Kita cari titik-titik strategis di tempat lain. Karena kalau cuma satu, nanti turis datang berjubel di tempat ini,” katanya.

Kepala Bagian Humas Setda Kota Bandung

Sony Teguh Prasaty



Courtesy of ngabret.com :

Ngabret.com merupakan Portal Berita UMKM Terkini Terbaru yang memuat Indeks berita terbaru hari ini dari peristiwa, bisnis, hukum, berita unik,UMKM, dan liputan khusus di Indonesia dan Internasional.
Ngabret.com berupaya membantu para pelaku usaha untuk tetap mendapatkan informasi yang terbaru mengenai perkembangan usaha di era saat ini. UMKM harus dapat memanfaatkan perubahan landscape perekonomian ini. Apalagi saat ini bermunculan startup yang membantu usaha kecil dan ini merupakan peluang bagi UMKM untuk memperluas akses pasar. Jika UMKM go digital, ada banyak kerumitan yang bisa dipangkas, termasuk soal distribusi, manajemen stok, sampai sumber daya karyawan. Pada akhirnya UMKM bisa lebih fokus untuk memikirkan bagaimana cara berinovasi demi menumbuhkan usahanya lebih cepat. Kendala utama UMKM saat ini adalah akses ke lembaga keuangan dan pasar yang makin sulit. UMKM kalah bersaing dengan produk impor barang dari luar negeri yang lebih murah, sehingga pentingnya langkah nyata keberpihakan pemerintah terhadap UMKM. Begitu bicara pertumbuhan bisnis, maka yang kita bicarakan itu postur organisasi dalam bentuk angka. Sejak mulai membangun bisnis dan ingin bertumbuh, pebisnis sudah harus aware angka-angka yang seharusnya tersaji dalam bentuk laporan keuangan, apalagi di era digital saat ini, harusnya makin mudah



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *