Sel. Des 10th, 2019

INDONESIA CREATIVE CITIES FESTIVAL

2 min read
ICCF
Bagikan ke Orang Lain

SEKILAS ICCN & ICCF

Tentang Indonesia Creative Cities Network (ICCN)

Indonesia Creative Cities Network (ICCN) atau Jejaring Kota/Kabupaten Kreatif Indonesia adalah simpul organisasi yang berkomitmen untuk mewujudkan 10 Prinsip Kota Kreatif.

ICCN berkomitmen memajukan kota-kota kreatif di Indonesia, dengan melakukan riset dan pengembangan untuk menumbuhkan pembangunan ekonomi dengan mesin penggerak kreativitas berupa gagasan kreatif dan inovatif yang ditopang oleh kelengkapan infrastruktur kelembagaan dalam unsur pentahelix (birokrasi, akademisi, bisnis, komunitas, dan media) serta didukung infrastruktur digital berkualitas dan modern.

Tentang Indonesia Creative Cities Festival (ICCF)

Indonesia Creative Cities Network (ICCN) dengan bangga mempersembahkan Conference Indonesia Creative Cities Festival ke-2 di Grand Hotel Dafam, Ternate, Maluku Utara, pada 4-5 September 2019.

Kota Kreatif sudah menjadi konsensus global untuk memastikan berkelanjutannya sebuah kota di masa depan. Konteks dan penyelenggaraan Kota Kreatif berupaya untuk menjadi jawaban bagi berbagai tantangan perkembangan zaman –seperti Revolusi Industri 4.0– sampai dengan menjadi solusi bagi permasalahan keseharian kota; mulai dari kontribusi ke PDRB, penyediaan lapangan pekerjaan, pengurangan kesenjangan ekonomi, dan lain-lain.

Kota Kreatif berupaya menjawab tantangan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDG) dan New Urban Agenda 2030 yang dicanangkan di Ekuador pada 2016, yang telah mengeluarkan dokumen acuan untuk diadopsi oleh negara-negara dunia dalam pembangunan perkotaan dan permukiman hingga 2036.

Indonesia Creative Cities Network (ICCN) adalah sebuah organisasi simpul komunitas kreatif skala kabupaten/kota se-Indonesia. ICCN dimulai ketika 10 Prinsip Kota Kreatif dideklarasikan di Kota Bandung sebagai bagian dari kegiatan Indonesia Creative Cities Conference (ICCC) pada 26-27 April 2015.

Setelah Bandung, ICCC sudah diadakan di Malang (2016), Makassar (2017), dan Sleman (2018), di mana event terakhir jadi penanda transformasi ICCC menjadi Indonesia Creative Cities Festival (ICCF) yang pertama.

Setiap tahun ICCF dihadiri lebih dari 1.000 delegasi komunitas/wirausahawan kreatif, akademisi, birokrat serta ratusan penggerak kreatif nasional plus narasumber/terkemuka Indonesia dan internasional.