Kam. Okt 17th, 2019

Kakek Berusia 100 Tahun Ngotot Kuliah

1 min read
Bagikan ke Orang Lain
JAKARTA – Semangat kakek yang satu ini patut diacungkan jempol. Usianya sudah 100 tahun, tapi semangatnya untuk belajar masih saja membara.


Dia adalah Bholaram Das, tokoh pejuang kemerdekaan dan juga aktivis kebebasan. Di saat merayakan usianya yang ke 100, kakek berkacamata ini ngotot ingin duduk lagi di bangku kuliah.


Niatnya itu pun direalisasikan. Das telah terdaftar di Gauhati University untuk mendapat gelar PhD. Kondisi ini membuat dia tercatat sebagai mahasiswa tertua di India.


‘Dalam 100 tahun saya, saya telah melakukan banyak hal di bidang masyarakat, politik, pemerintahan dan agama,’ kata Das, pada perayaan ulang tahunnya yang jatuh Sabtu 15 Oktober kemarin.


‘Saya pikir saya harus mengambil gelar PhD yang dapat memuaskan rasa lapar saya untuk belajar,’ ujarnya, seperti dikutip Telegraph, Selasa (19/10/2010).


Sekadar diketahui, saat berusia 19 tahun, dia pernah dipenjara karena ikut aksi unjuk rasa melawan Pemerintahan Inggris.


Setelah dewasa, dia menjalani studi perdagangan dan hukum.


Pada 1945, dia bergabung dengan Partai Kongres untuk kemerdekaan, dan dicapai pada 1947.


Tekadnya untuk terus belajar mungkin turunan dari ayahnya. Bapak Das bekerja sebagai guru, pengacara, hakim dan hakim pengadilan distrik sebelum pensiun pada 1971.


Lalu, apakah Gauhati University mau menerima seorang kakek berusia sangat lanjut ini? Jawabannya, ya. Pihak universitas tetap akan menerimanya.


‘Memang jarang menemukan seorang mahasiswa yang berusia 100 tahun,’ kata Wakil Rektor Gauhati University, Medhi OK.


‘Kami sangat senang karena Mr Das bisa menjadi inspirasi bagi pemuda dengan semangat tangguh dan dedikasi untuk pelayanan publik,’ pungkasnya.

sumber : Okezone.com

1 thought on “Kakek Berusia 100 Tahun Ngotot Kuliah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.